CARA MEMBUAT VPN DI MIKROTIK

VPN adalah Virtual Private Network dimana VPN ini merupakan interkoneksi antar jaringan ( PC Client to LAN maupun LAN to LAN ) yang mana interkoneksi ini melalui jaringan Public ( Internet ) sehingga dengan VPN ini terjadi koneksi terselubung alias lorong atau Tunneling Connection sehingga data yang di akses ( data yang di kirim dan di terima ) benar-benar aman.

Berikut ini langkah-langkah membuat VPN di Mikrotik :

1.Buka aplikasi Aplikasi winbox.
2.Setelah kita mendapatkan IP public pada Ether 1 (192.168.12.3),selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi PPP.

3.Masuk ke menu PPP, Tambah interface,kemudian pilih PPTP Server.
4.Selanjutnya buat New Interface,kalau sudah klik apply lalu OK.

5.Kemudian Kita membuat IP Pool, atau sekelompok IP Address yang akan kita buat untuk mengalokasikan sejumlah IP Address untuk VPN Client per-user yang nanti akan terkoneksi ke Mikrotik VPN Server kita. Selain mengunakan IP Pool, kita juga bisa memberikan IP Address per-user satu per satu. Tapi jika jumlah VPN Client-nya banyak maka cara inilah yang tepat untuk kita lakukan. Caranya : Klik menu IP –> POOL.
6.Dari menu IP Pool,kita pilih New IP pool. kemudian kita masukan IP Pool,misal 192.168.88.10-192.168.88.20 . jika sudah maka kita klik apply lalu OK.
7.Selanjutnya kita lihat apakah IP Pool yang kita buat berhasil dengan baik.
8.Kemudian kita buat profile PPP dengan nama VPS-VPN atau bisa dengan nama yang lain sesuai dengan keinginan anda. jika sudah klik appy lalu klik OK.


9.Proses selanjutnya adalah kita pilih Interface,kemudian pilih PPTP Server. Option inilah yang menentukan apakah  fitur PPTP Server berfungsi apa tidak di Mikrotik kita.Aktifkan / centang tanda checkmark “ENABLE” lalu pilih Default Profile.
10.Langkah selanjutnya adalah membuat User VPN di menu tab “SECREET”. Setting Username, Password, Service : PPTP dan Profile VPS-VPN seperti gambar dibawah ini :



SEKIAN SEMOGA BISA BERMANFAAT,,
SALAM DARI ANAK-ANAK SMK SRIWIJAYA 2 WANGON





Komentar

Posting Komentar